Hello Sobat, bagaimana keadaan Anda hari ini? Semoga selalu diberkahi oleh Allah SWT. Amien. Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai proses pengurusan P-IRT. Artikel ini saya peroleh dari kegiatan Blogwalking…
P-IRT
kepanjangan dari Pangan Industri Rumah Tangga. P-IRT penting sebagai jaminan
bahwa usaha makanan atau minuman rumahan yang dijual memenuhi standar keamanan
makanan. Sertifikat P-IRT adalah ijin edar produk pangan olahan yang diproduksi
oleh UKM untuk dipasarkan secara lokal. Ijin P-IRT hanya untuk produk pangan
olahan dengan tingkat resiko yang rendah. Apabila Anda mendaftar, akan
memperoleh 2 sertifikat yaitu sertifikat penyuluhan dan sertifikat P-IRT.
Berikut adalah tahapan pengurusan P-IRT.
A.
Pengajuan Permohonan P-IRT
Pengurusan
dapat dilakukan di Dinas Kesehatan dan meminta formulir untuk pengajuan
P-IRT. Bagi pelaku industri yang berada di wilayah Kabupaten Sumbawa,
dapat mendatangi Dinas Kesehatan yang beralamat di Jalan Garuda No. 81, Sumbawa
Besar. Di Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa, pemohon akan memperoleh 5 lembar
formulir yang masing-masing berisi sebagai berikut
a.
Syarat –Syarat Pendaftaran Penyuluhan Perusahaan Industri Rumah Tangga Makanan
dan Minuman, antara lain
1.
Menyerahkan fotokopi KTP yang berlaku 2 lembar
2.
Menyerahkan pas foto 4 x 6 cm, 3 lembar
3.
Menyerahkan fotokopi surat pendaftaran industri kecil
4.
Menyerahkan contoh label setiap jenis yang diproduksi masing-masing 2 lembar
yang siap untuk dicetak
5. Label yang
diserahkan minimal mencantumkan sbb: Nama jenis Makanan/Minuman, Nama merk
dagang, Isi/Netto/Berat Bersih, Komposisi, Nama dan Alamat Perusahaan, Tanggal
Kadaluarsa, Kode Produksi, Nomor P-IRT
6.
Biaya penyuluhan sebesar Rp 125.000,-
7.
SPP-IRT dapat dikeluarkan apabila ybs sudah mengikuti penyuluhan
8.
Retribusi per nomor IRT sebesar Rp 175.000,-
9.
Peta lokasi sebanyak 2 lembar
10.
Denah bangunan sebanyak 2 lembar
11.
Menyerahkan contoh masing-masing produk
12.
Surat keterangan dari Puskesmas setempat
b.
Permohonan Rekomendasi Ijin Edar Makanan Dan Minuman Industri Rumah Tangga
c.
Surat Pernyataan Pemilik Industri Untuk Tidak Akan Menggunakan Bahan Tambahan
Pangan yang Dilarang
d.
Data Isian Perusahaan Makanan Minuman Industri Rumah Tangga
e.
Data Produk Makanan
B.
Penyuluhan Keamanan Pangan
Setelah
pengajuan permohonan P-IRT masuk, akan dilaksanakan penyuluhan seputar keamanan
pangan. Biasanya penyuluhan dilaksanakan kepada sekitar 20 industri pemohon
sekaligus. Materinya kurang lebih seputar cara pengolahan bahan yang baik,
penyakit pangan, sanitasi, undang-undang, pengawasan pangan, dll. Apabila telah
mengikuti penyuluhan tersebut, maka diterbitkan Sertifikat Penyuluhan Keamanan
Pangan (PKP).
C.
Pemeriksaan Tempat Usaha
Petugas
dari Dinkes selanjutnya akan melakukan kunjungan langsung ke tempat usaha.
Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung apakah sarana
produksi (alat dan mesin, tempat, bahan yang digunakan, bahan pembantu, dll),
cara proses pengolahan, dan lainnya sudah dilaksanakan dengan baik oleh
industri sesuai dengan prinsip-prinsip keamanan pangan yang telah diperoleh
selama penyuluhan.
D.
Penerbitan Sertifikat P-IRT
Apabila
hasil pemeriksaan tempat usaha dinilai cukup baik, terbitlah Sertifikat
Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). SPP-IRT berlaku selama 3 tahun
terhitung sejak tanggal penerbitannya dan dapat diperpanjang. Apabila pemilik
melakukan pelanggaran sesuai peraturan yang berlaku tentang keamanan pangan,
maka SPP-IRT akan dicabut.
“Kayuh Baimbai Mambangun Banua”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar