Minggu, 28 April 2013

Tahapan Proses Penyuluhan IKM

Assaamu’alaikum Wr.Wb
Hello para TPL IKM yang lagi melakukan kegiatan blogwalking dan tanpa sengaja Anda pun terdampar di blog saya ini. Saya senang Anda berkunjung di blog saya. Kali ini saya akan menulis tentang Tahapan Proses Penyuluhan IKM. Adapun Tahapan Proses Penyuluhan IKM adalah sebagai berikut :
a.       Tahap Perkenalan
Pada tahap ini kedua belah pihak mulai menciptakan sebuah hubungan. Pengusaha IKM dapat menilai kemampuan TPL IKM tersebut dalam memecahkan masalah yang dihadapinya dan TPL IKM dapat memutuskan apakah dia harus memberikan penyuluhan atau tidak.


b.      Tahap memulai

Dalam memulai, TPL IKM mengadakan perundingan dengan pengusaha IKM mengenai persetujuan secara lisan yang menjelaskan peranan masing-masing, harapan mereka, komitmen mereka, apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan, dan masalah apa yang harus ditangani.
c.       Tahap Diagnosa
Pada tahap ini kedua belah pihak memilih pendekatan problem khusus perusahaan IKM secara keseluruhan. TPL IKM dapat menggunakan alat diagnosis dalam menganalisis IKM tersebut. Alat diagnosis yang dapa digunakan seperti Proses Bisnis, 5S, Kaizen, Seven Tools, Total Quality Control, Total Quality Management, 5W+2H, Produktivitas, Just In Time, dan SWOT.
d.      Tahap Merencanakan
Dalam melakukan perencanaan, pertama-tama yang harus dilihat apa yang diprioritaskan oleh perusahaan IKM tersebut, apa tujuan dia dan kesepakatan berdasarkan masalah-masalah yang yang telah diidentifikasi, kemudian TPL IKM bersama pengusaha IKM menetapkan masalah yang harus ditangani terlebih dahulu.
e.       Tahap Melaksanakan
TPL IKM memberikan motivasi dan bimbingan kepada pengusaha IKM untuk mengikuti rencana kerja yang telah dibuat. Pada umumnya keberhasilan tahap ini tergantung pada keterlibatan pengusaha IKM dalam menyelesaikan program yang telah dirumuskan pada tahap sebelumnya dan kesungguhan pengusaha IKM tersebut untuk melaksanakan rencana kerja tersebut.
f.       Tahap Evaluasi
Evaluasi adalah tahap TPL IKM mengukur keberhasilan kegiatan dengan membandingkan antara sasaran yang harus dicapai dengan mengidentifikasi apa yang telah dikerjakan bersama-sama dengan pengusaha IKM, memberikan penilaian seberapa jauh hasil yang dicapai berdasarkan prosedur dan pengendalian yang telah ditentukan.
g.      Tahap Mengakhiri
TPL IKM secara formal tetapi bersifat sementara menghentikan hubungannya dengan pengusaha IKM. Dalam beberapa hal, tahap ini memerlukan waktu karena rasa ketergantungan yang timbul antara pengusaha IKM dengan TPL IKM. Pada saat inilah, TPL IKM harus meyakinkan pengusaha IKM akan kesediaannya untuk tetap membantu pada masa yang akan datang.
 Kayuh Baimbai Mambangun Banua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar