Senin, 08 April 2013

Beauty of Amuntai

Hello Blogwalker, apa kabar? Semoga artikel saya ini (yang didapat dari kegiatan blogwalking juga) memberikan Anda wawasan baru. Give your comment and Thanks.
Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan, ibukotanya Amuntai. Luas wilayah daerah ini 892,7 Km2, yang terdiri  10 kecamatan, 215 desa dan 4 kelurahan. Jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 214.050 jiwa yang terdiri dari 103.972 laki-laki dan110.078 jiwa perempuan. Lahan yang ada didaerah ini merupakan dataran rendah yang sebagian besar sekitar 570 km2 terdiri dari rawa umumnya ditumbuhi tanaman apemir antara lain eceng gondok dan purun yang bermanfaat sebagai bahan baku kerajinan anyaman.
Potensi ekonomi daerah yang terbesar adalah sisektor pertanian disamping perikanan , peternakan , perkebunan serta industry dan perdagangan. Umumnya industry yang berkemabang didaerah ini sebagian besar 99,9 % merupakan industry kecil dan kerajinan yang tegabung dalam sentra industry kecil sebanayak 25 sentra. Sebagian kegiatan usaha koperasi yang berjumlah 120 buah, UMKM sebanyak 67.500 orang, perdagangan 8.912 orang, sedangkan industry kecil dan kerajinan sebanyak 11.477 unit usaha dengan tenaga kerja 21.792. Dengan melihat gambaran di atas maka perlunya untuk mengetahui apa saja yang menjadi produk unggulan  bagi kabupaten hulu sungai utara dan juga yang menjadi prioritas produk unggulan yang dapat dijadikan sebagai produk yang memiliki daya saing tinggi yang mampu memberikan kontribusi signifikan bagi pendapatan daerah.
Dari total luas wilayah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, sebagian besar terdiri atas dataran rendah yang digenangi oleh lahan rawa baik yang tergenang secara monoton maupun yang tergenang secara periodik. Kurang lebih 570 km persegi adalah merupakan lahan rawa dan sebagian besar belum  termanfaatkan secara optimal.
Sumber : Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar