Minggu, 28 April 2013

Peranan Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Hello blogwalking… apa kabar? Jika anda membaca tulisan ini, saya yakin, kalian adalah seorang Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (TPL IKM) atau seorang mahasiswa beasiswa dari Kemenperin yang nantinya akan menjadi TPL IKM di daerah masing-masing. Jika kalian bukan TPL IKM atau calon TPL IKM, berarti saya salah menerka.. heheheeee.
Kali ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai Peranan seorang TPL IKM saat melakukan kegiatan penyuluhan di IKM. Adapun peranan TPL IKM adalah sebagai berikut :
1.      Fasilitator
Yakni seorang TPL IKM harus memberikan layanan teknis maupun non teknis kepada pengusaha IKM sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki.
2.      Komunikator

Yakni seorang TPL IKM menyampaikan berbagai informasi teknis, non teknis, maupun informasi bisnis secara timbale balik antara pengusaha IKM termasuk pengrajin dengan unsure-unsur Pembina IKM baik Pemerintah maupun Swasta serta berbagai sumber informasi lainnya termasuk masyarakat sebagai konsumen.
3.      Motivator
Yakni seorang TPL IKM memberikan dorongan dan motivasi kepada para pengusaha IKM agar memiliki motivasi untuk melakukan perubahan secara terus menerus ke arah yang lebih baik dalam mengembangkan usahanya.
4.      Dinamisator
Yakni seorang TPL IKM mampu mewujudkan perilaku yang dinamis kepada pengusaha IKM dalam menjalankan usahanya sehingga mampu mengikuti tuntutan perkembangan dunia usaha di berbagai tingkat.
5.      Innovator
Yakni seorang TPL IKM selalu berusaha bersama-sama dengan para pengusaha IKM dan pengrajin dalam mengembangkan kreativitas untuk menemukan hal-hal yang baru baik dalam rangka mengikuti tuntutan dunia usaha maupun perkembangan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar