Rabu, 30 Juli 2014

Belajar dari Pengusaha Meubel Ciamis

Assalamu’alaikum blogwalker. Apa kabar nih? Baik aja kan? Kali ini penulis ingin berbagi tentang seorang pengusaha meubel sukses asal Ciamis. Setiap orang bisa sukses. Kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak? Itu saja pengantar dari saya. Cerita selengkapnya, klik read more… J

Kabupaten Ciamis merupakan daerah yang mempunyai potensi kayu kelapa. Potensi kayu kelapa inilah yang dilirik oleh Bapak Tatang Martawidjaya penduduk Kampung/Desa Handapherang Kec. Cijeungjing Kab. Ciamis. Beliau yang semula hanya hobi cungli-cungkilan kayu, namun akhirnya membuahkan hasil yang mengutungkan bagi dirinya dan masyarakat di sekitarnya dengan mendirikan sebuah usaha yang bergerak dibidang meubel dan kerajinan kayu kelapa dengan nama “Pejaten Indah”. Nama Pejaten Indah berasal dari nama tanah warisan yang yang diberikan kepada Bpk. Tatang. Bahkan Bpk. Tatang merupakan pionir dalam pengolahan kayu kelapa lebih lanjut di Kab. Ciamis.
Bpk. Tatang yang asalnya hanya seorang guru STM Negri Ciamis (jurusan bangunan) memulai usaha bubut kayu dari kayu kelapa pada tahun 1985. Hasil produksinya berupa lampu, asbak, anak catur, dll. Dengan satuan harga antara Rp 2500 sampai Rp 50.000 dan keuntungan rata – rata 10% dari harga jual.  Dalam sejarah Kab. Ciamis baru satu orang wargannya yang berhasil mendapatkan penghargaan upakarti, yakni Tatang Martawidjaya. Penghargaan itu diterima dari presiden Soeharto pada tanggal 29 Desember 1993 di Istana Merdeka, Jakarta. Dengan memanfaatkan limbah kayu, Bpk. Tatang meraih upakarti untuk katagori “Jasa Pengabdian Dalam Usaha Pengmbangan Industri Kecil Dan Kerajinan”.
Tidak hanya berhenti disana Bpk. Tatang Martawijaya juga mendapatkan penghargaan dalam katagori “Pengusaha Kecil Berprestasi” pada tahun 1995. Pada tahun 1997 beliau mendapatkan penghargaan kembali dalam kategori Quality Control. Dan pada tanggal 7 Juli 2003 mendapatkan piagam penghormatan dari Presiden Megawati kembali menganugerahkan tanda kehormatan “ Satya Lancana Karya Satya” atas pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan, kedisiplinannya dalam menjalankan tugasnya. Dan mendapatkan piagam-piagam penghargaan lainnya.

Demikian artikel dari saya. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih untuk kunjungannya… J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar